APA ITU SISTEM INFORMASI MANAJEMEN?
SIM merupakan singkatan dari system informasi manajemen atau dalam bahasa
inggrisnya management information system ( MIS ), SIM adalah bagian dari
pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen,
teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah
bisnis seperti biaya produk , layanan, atau suatu strategis bisnis. SIM
digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada
aktivitas operasional organisasi. SIM Adalah seluruh aktifitas memperoleh
informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang
tepat (McLeod, 1998)
Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis
utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin
dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah
sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya
konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain.
Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi
dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling
berharga.
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
1.
Kompleksitas
kegiatan bisnis yang semakin meningkat
Pengaruh Ekonomi Internasional
Persaingan Dunia
Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
Batas waktu yang Singkat
Kendala kendala Sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Pengaruh Ekonomi Internasional
Persaingan Dunia
Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
Batas waktu yang Singkat
Kendala kendala Sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Peranan
Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan
, manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut
manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen.
Keahlian Manajemen
Seorang
manajer yang berhasil banyak memiliki keahlian, tetapi ada dua yang mendasar
yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.
Keahlian
komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan
informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi
laporan, surat, memo, e_mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi
saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, makan bisnis, dan
kunjungan sosial.
Keahlian Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah (Problem
Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah.
Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap
masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
Masalah secara
negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin
membahayakan suatu perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang
menguntungkan atau mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan
masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam
pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari
beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan
tertentu yang telah dipilih.
Pengetahuan
manajemen
Ada dua
jenis pengetahuan manajer yang merupakan kunci di dalam manajemen informasi
menggunakan komputer yaitu : Mengerti komputer dan mengerti informasi.
Mengerti komputer yaitu pengetahuan mengenai komputer
yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai
keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer
dsb.
sumber:http://gustriphenomg3.blogspot.co.id/2011/10/pengenalan-sistem-informasi-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar